SMK Mikael Surakarta

Compassion Week Mico 60

Senin – Jumat, 22 – 26 April 2024 siswa kelas XI menjalani salah satu formasi (pembentukan karakter) bagi siswa dan siswi di SMK Mikael, yaitu Compassion Week. Mereka melaksanakan kegiatan Compassion Week di Panti Wredha, Panti Asuhan, Rumah Singgah dan tempat-tempat lainnya.

Compassion dapat diartikan sebagai Kepekaan terhadap penderitaan orang lain dan kemauan untuk bertindak membantu mereka. Compassion lebih dari sekedar empati.  Compassion melibatkan sebuah tindakan atau aksi nyata. Ketika memiliki Compassion, para siswa akan bertindak melakukan apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu orang lain, baik itu secara moral, materi maupun dalam bentuk yang lainnya.

Mengapa Self-Compassion Penting?

Bicara tentang berbuat baik kepada diri sendiri barangkali terdengar seperti nasihat guru di taman kanak-kanak. Tetapi bahkan orang sinis pun harus peduli tentang menyayangi diri sendiri atau self-compassion - terutama jika mereka ingin menjadi tangguh. Ingat terakhir kali kita gagal atau membuat kesalahan besar. Masihkah kita merasa malu, dan memarahi diri sendiri karena telah bersikap bodoh atau egois? Apakah kita cenderung merasa sendirian dalam kegagalan itu, seolah-olah hanya kita manusia yang pernah salah? Ataukah kita menerima bahwa kesalahan adalah bagian dari menjadi manusia, dan mencoba bicara kepada diri sendiri dengan lembut dan penuh perhatian?

Bagi banyak orang, penghakiman diri adalah respons yang paling alami. Bahkan, kita dapat merasa bangga karena keras kepada diri sendiri, menganggapnya sebagai pertanda ambisi dan resolusi kita untuk menjadi versi terbaik diri kita. Namun banyak penelitian menunjukkan bahwa kritik-diri seringkali menjadi bumerang. Selain menambah level ketidakbahagiaan dan stres, hal tersebut dapat mendorong kita untuk menunda-nunda, dan mengurangi kemampuan kita untuk mencapai tujuan di masa depan.

Berikut adalah beberapa Manfaat Self-Compassion:

  1. Ketahanan Emosi: Menyayangi diri sendiri dapat meningkatkan ketahanan emosi dan membantu kita mengatasi rasa malu dan kecewa dengan lebih baik.
  2. Kesehatan dan Kesejahteraan: Self-compassion juga berdampak positif pada kesehatan dan kesejahteraan kita.
  3. Produktivitas: Dengan merawat diri sendiri, kita dapat mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas.

 

Penulis : Andre Wahyu

Dikutip dari berbagai sumber.

Home
Berita
Kontak
Galeri