SMK Mikael Surakarta

BUNGA RAMPAI SEKOLAH ASJI

Menindaklanjuti rekomendasi hasil Rapat Pimpinan Asosiasi Sekolah Jesuit Indonesia (RAPIM ASJI) tahun 2022 tentang dokumentasi praktik baik (best pracfices) pembelajaran di masa pandemi Covid-19, telah dibentuk Tim Dokumentasi Praktik Baik, yang beranggotakan masing-masing 2 (dua) orang perwakilan Anggota ASJI. Tim Dokumentasi Praktik Baik kemudian bergulat dan berefleksi, menyiapkan berbagai tulisan dengan tema-tema yang khas terkait praktik baik dan inovasi pembelajaran yang dikembangkan dan dilaksanakan pada masa pandemi COVlDl9 dan mencita-citakan sebuah buku Bunga Rampai yang akan menghimpun berbagai tulisan tersebut.

Tim Dokumentasi Praktik Baik kemudian bertemu secara tatap muka untuk menyelesaikan dan menghimpun tulisan-tulisan sehingga menjadi kumpulan naskah yang siap dibukukan. Pertemuan ini diselenggarakan pada Selasa - Kamis, 21 - 23 November 2023 bertempat di Amarelo Hotel, Jl. Gatot Subroto 89 - 103, Singosaren, Serenan, Surakarta, Jawa Tengah.

Tim penulis ini beranggotakan Guru dari Kolese Kanisius (SMP dan SMA)/ Yayasan Budi Siswa, Perkumpulan Strada, SD Kanisius Harjosari/ Yayasan Kanisius, SD Kanisius Jomegatan Yogyakarta/ Yayasan Kanisius, SD Kanisius Sukorejo/ Yayasan Kanisius, SD Kanisius Wirobrajan 1/ Yayasan Kanisius, SMA Kolese De Britto/ Yayasan De Britto, SMA Kolese Gonzaga/ Yayasan Wacana Bhakti, SMA Kolese Loyola/ Yayasan Loyola, SMA Seminari Mertoyudan, SMA YPPK Adhi Luhur/ Yayasan karya Adi Luhur, SMK Katolik Santo Mikael Surakarta/ Yayasan Karya Bakti Surakarta dan SMK PIKA Semarang/ Yayasan Karya Bakti Surakarta.Pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Pater Odimus Bei W, SJ selaku Direktur Perkumpulan Strada, didampingi tim beranggotakan Ibu Pudji Tursana, Bapak Erwin dan Ibu Yanu.

Selasa sore, pertemuan dibuka dengan pengantar dan sambutan dari Pater Odimus Bei W, SJ. Selanjutnya para penulis yang berjumlah 19 orang melanjutkan pekerjaannya masing-masing, yaitu melanjutkan proses menulis Bunga Rampai.

Di hari kedua, setelah semua tulisan selesai, para penulis mereview hasil tulisan dari sekolah lain dan memberikan catatan sebagai bahan koreksi atau perbaikan. Review ditulis kemudian disampaikan secara langsung kepada penulis dan didiskusikan.

Rabu malam, para peserta pertemuan berkesempatan menikmati suasana malam di Kota Solo.

 

Penulis : Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri