SMK Mikael Surakarta

Go Green 2024

1 Juni 2024

Conscience adalah salah satu nilai dari 4 keutamaan inti (4C) yang dihayati dan dihidupi oleh semua warga SMK Katolik St. Mikael Surakarta. Sekolah memiliki komitmen yang tinggi untuk menanamkan nilai ini dalam pribadi setiap siswa dan siswinya. Conscience atau kesadaran hati nurani adalah sebuah nilai yang mengasah hati nurani kita agar selalu menuju ke arah yang baik dan benar. Conscience mengajarkan kita untuk peduli bukan hanya dengan orang lain namun juga dengan lingkungan di sekitar kita.

Bertepatan dengan peringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2024, ConcilioSMK Mikael mengajak siswa dan siswi SMK Mikael untuk mewujudkan nilai Conscience dengan cara berkontribusi dalam aksi peduli lingkungan dalam sebuah kegiatan yang kami beri nama Go Green.Go Greenmerupakan sebuah aksi atau gerakan untuk menyadarkan orang betapa pentingnya kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan Go Green kali ini mengambil tema Acta Non Verba yang memiliki arti “Tindakan Bukan Kata-Kata“. Tema ini dipilih karena melihat kesadaran yang hanya berhenti di kata-kata saja, namun tidak ada aksi nyata.

Kegiatan Go Greenmenjadi platform dimana nilai consciencedan compassion siswa-siswi dapat berkembang dan diapresiasi. Dalam semangat gotong royong merawat lingkungan, Go Green menjadi saat dimana kita dapat menghargai dan peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Dengan perpaduan berbagai elemen, yaitu Civitas Akademika SMK Mikael, Komunitas Peduli Sungai Bendung Tirtonadi, didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta dan warga di sekitar bantaran Sungai Gajah Putih, Go Greendilaksanakan dengan harapan memberikan dampak baik yang berkepanjangan bagi lingkungan, pihak yang berpartisipasi, dan masyarakat sekitar.

Selain membersihkan sungai, kegiatan Go Green juga diisi dengan penanaman pohon di bantaran sungai, penebaran benih ikan dan kegiatan bakti sosial kepada anak-anak di Joglo Bambu yang dikelola oleh Komunitas Peduli Sungai Bendung Tirtonadi.

Penulis : Andre Wahyu

Home
Berita
Kontak
Galeri