SMK Mikael Surakarta

Virtual Studium Generale

Senin, 13 Juli 2020

SMK Katolik Santo Mikael Surakarta membuka Kegiatan Belajar Mengajar Tahun 2020 – 2021 bagi para siswa dengan Studium Generale melalui Live Streaming Youtube. Seluruh siswa mengikuti kegiatan ini secara aktif melalui gawai mereka masing-masing dan tetap berada di rumah.

Acara diawali dengan doa dan pengantar singkat oleh Bp. Happy Indriyono, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Hubin. Selanjutnya Bp. Albertus Murdianto, M.Pd selaku Kepala Sekolah membuka Tahun Pelajaran 2020-2021 secara resmi dan memberikan sambutan. Setelah itu, secara berturut turut disampaikan Penjelasan Teknis Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Penjelasan Keuangan dan Sarana Prasarana Sekolah, serta Pendampingan siswa oleh Wakasek Bidang Kurikulum, Keuangan dan Pamong.

Ada hal yang baru dalam pendampingan kesiswaan di awal tahun pelajaran ini, yaitu dengan adanya Poin Apresiasi Siswa. Jika selama ini siswa dikenai poin sikap jika melakukan pelanggaran terhadap aturan sekolah, maka mulai tahun pelajaran ini siswa juga akan mendapat poin reward jika dapat menunjukkan prestasi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sekolah. Dengan adanya poin apresiasi ini diharapkan menjadi stimulus untuk memotivasi siswa agar mengembangkan dirinya sendiri secara aktif menjadi pribadi yang lebih baik selain tentunya terampil dalam  bidang akademis. Setelah seluruh kegiatan penjelasan, moderator mengajak warga sekolah menyanyikan mars Mikael dan menutup acara Studium Generale dengan doa.

Seusai acara Studium Generale, wali kelas membagikan jadwal pelajaran, akun email siswa, kode kelas Google Classroom dan bertatap muka dengan siswa dalam jaringan menggunakan aplikasi Google meet. Pada kesempatan ini setiap wali kelas menyapa para siswanya masing-masing, membentuk pengurus kelas dan melakukan kesepakatan-kesepakatan kelas demi kelancaran proses belajar mengajar.

Penulis : Wahyu Jatmiko

Home
Berita
Kontak
Galeri