SMK Mikael Surakarta

MICO BERBAGI

Tak terasa, Ramadhan telah berlalu. Umat Islam pun telah merayakan hari kemenangan. Di bulan Ramadhan, umat Islam menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Selama berpuasa, umat Islam harus menahan segala hawa nafsu, berperilaku sabar, dan tahan akan adanya ujian. Selain itu, umat Islam juga harus menjaga mulut dan sikap dari berbicara dan perilaku yang tidak baik.Berjuang dalam melaksanakan puasa selama satu bulan pastinya sangat melelahkan. Selama berpuasa umat Islam juga harus tetap bekerja. Setelah berpuasa seharian, di sore harinya umat Islam berbuka puasa bersama keluarga. Namun masih banyak masyarakat yang tidak bisa menikmati buka puasa karena tidak mampu membeli makanan untuk berbuka puasa. Oleh karena itu, uluran tangan dan bantuan dari orang lain dapat sedikit membantu meringankan beban mereka.

Bakti Sosial “Berbagi Takjil di Bulan Puasa” dipilih oleh para siswa SMK Mikael sebagai salah satu kegiatan amal di bulan puasa yang dilakukan dengan cara terjun ke jalan secara langsung untuk memberikan takjil berupa makanan dan kolak kepada masyarakat yang ditemui di jalan, khususnya yang sangat membutuhkan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai wujud aksi nyata toleransi antar umat beragama, mewujudkan nilai 4C secara konkrit, yaitu compassion, menyalurkan berkat dan sukacita terhadap sesama yang membutuhkan, meningkatkan kepedulian siswa SMK Mikael terhadap sesama serta membangun dan menjalin kerjasama dengan sekolah lain.

Concilio SMK St. Mikael Surakarta berkolaborasi dengan Pengurus OSIS SMA AL-Azhar Syifa Budi serta Siswa/Siswi Anggota Ekstrakurikuler Home Industry SMP Pangudi Luhur Bintang Laut Surakarta pada tahun pelajaran 2023/2024. Kegiatan Bakti Sosial dilaksanakan pada Jumat – Sabtu, 24-25 Maret 2023, pada pukul 16.00 –18.00 WIB dengan sasaran penerima kegiatan bakti sosial ini adalah masyarakat yang kurang mampu, seperti : tunawisma, pemulung, tukang becak, pedagang kaki lima, dan sebagainya. Lokasi yang diambil ialah di depan SMP PL Bintang Laut Surakarta, area di sekitar pintu timur Terminal Tirtonadi Solo, dan Tugu Makutha.

Kegiatan diakhiri dengan makan bersama sekaligus berbuka bersama siswa siswi SMA AL-Azhar Syifa Budi Solo.

Penulis : Andre Wahyu

 

Berita ini juga dimuat di harian Solopos https://m.solopos.com/keren-siswa-sma-dan-smk-lintas-agama-bagi-takjil-bareng-di-terminal-tirtonadi-1582102

 

Home
Berita
Kontak
Galeri